salam anak maribaya hehehe :-)
PENGERTIAN REM
Rem yaitu suatu peranti untuk
memperlambat atau menghentikan gerakan roda. secara otomatis
gerak kendaraan
menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak
ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.
Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu peranti
penting keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan
bahaya dan keamanan berkendara jadi terganggu, Adapun fungsi dari sistem rem
itu sendiri adalah :
- Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.
- Mengatur kecepatan selama berkendara.
- Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.
- Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.
Komponen – komponen rem :
• Backing plate
• Sepatu rem
• Pegas pembalik
• Kanvas rem
• Silinder roda
• Drum rem
- Backing plate
Terbuat
dari plat baja yang dipress. Backing
plate bagian belakang
diikat dengan baut pada real axle housing dan backing plate bagian depan diikat dengan baut pada steering knuckle. Sepatu rem dipasangkan pada backing
plate yang mana bila terjadi pengereman akan
bekerja pada backing plate. Selain sepatu rem juga silinder roda, anchorpin, mekanisme rem tangan
dipasangkan pada backing plate.
· Silinder penyetel sepatu rem
berfungsi
menjamin ujung sepatu
rem dan untuk penyetelan renggang antara sepatu dengan drum. Pada
beberapa macam rem, sebagai pengganti silinder
penyetel sepatu, anchor pin dan kam penyetel sepatu digunakan secara terpisah.
· Sepatu rem
Sepatu rem berbentuk busur yang disesuaikan dengan
lingkaran drum dan dilengkapi dengan kanvas yang
dikeling ataupun direkatkan
pada bagian permukaan
dalam sepatu rem. Salah satu ujung sepatu rem dihubungkan pada anchor
pin atau pada baut silinder
penyetel sepatu rem. Ujung lainnya dipasangkan pada roda silinder yang berfungsi untuk mendorong sepatu ke
drum dan juga sepatu rem ini berhubungan dengan mekanisme rem tangan.
· Pegas pembalik
Pegas-pegas pembalik berfungsi untuk menarik kembali
sepatu rem pada drum ketika pijakan
rem dibebaskan. Satu
atau dua buah
pegas pembalik biasanya
dipasang dibagian
sisi silinder roda.
· Kanvas rem
Kanvas rem dipasangkan pada sepatu rem untuk menambah
tenaga gesek pada drum. Bahan
yang digunakan adalah asbes dengan tembaga atau campuran plastik untuk untuk memperoleh tahan panas yang
tinggi dan tahan aus. Pada beberapa macam rem, terdapat perbedaan bahan kanvas rem yang dipasangkan pada
sepatu pertama dan sepatu kedua. Kanvas ini dapat diganti jika sudah mengalami
aus.
· Silinder roda
Silinder roda yang terdiri dari body dan torak,
berfungsi untuk mendorong sepatu rem ke drum dengan adanya tekanan hidrolik yang dipindahkan
dari master silinder. Satu atau dua silinder
roda digunakan pada tiap satu unit rem, tergantung dari modelnya. Ada dua macam silinder
roda; yang satu bekerja pada sepatu rem pada kedua arah, dan satunya lagi
gerakannya hanya pada satu arah saja.
- Drum rem
Drum rem pada umumnya dibuat
dari besi tuang. Drum rem ini dipasangkan hanya diberi sedikit renggang dengan sepatu rem dan drum yang berputar bersama
roda. Bila rem ditekan maka kanvas
rem akan menekan terhadap
permukaan dalam drum, mengakibatkan terjadinya gesekan dan menimbulkan
panas pada drum cukup tinggi (200°C-300°C).
Karena itu, untuk mencegah drum ini menjadi terlalu panas ada semacam drum yang di sekeliling bagian luarnya
diberi sirip yang terbuat dari paduan alumunium yang mempunyai daya
hantar panas yang tinggi. Permukaan drum rem dapat
menjadi tergores ataupun cacat, tetapi hal ini dapat diperbaiki dengan jalan
dibubut bila goresan itu tidak terlalu dalam.
Sistem rem hidraulis
Sistem rem hidraulis adalah sistem rem yang mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media fluida (cairan/minyak) untuk melakukan pengereman pada roda. Komponen utama Rem hidraulis
- Pedal rem
- Boster rem
- Master silinder
- Katup P
- Flexible hose
- Tuas rem parkir/rem tangan
- Rem cakram
- Rem tromol
- Pedal Rem adalah komponen pada sistem rem yang dimanfaatkan oleh pengemudi untuk melakukan pengereman.
- Fungsi pedal rem memegang peranan yang penting didalam sistem rem. Tinggi pedal harus dalam tinggi yang ditentukan. Jika terlalu tinggi, diperlukan waktu yang lebih banyak bagi pengemudi untuk menggerakkan dari pedal gas ke pedal rem, yang mengakibatkan pengereman akan terlambat. Sebaliknya jika tinggi pedal terlalu rendah, akan membuat jarak cadangan yang kurang yang akan mengakibatkan gaya pengereman yang tidak cukup.
- Pedal Rem juga harus mempunyai gerak bebas yang cukup. Tanpa gerak bebas ini, piston master silinder akan selalu terdorong keluar dimana mengakibatkan rem akan bekerja terus dikarenakan adanya tekanan hidrolis yang terjadi pada sistem rem.
- Disamping itu, harus terdapat jarak cadangan pedal yang cukup pada waktu pedal rem ditekan; kalau tidak akan terdapat
- . Booster rem merupakan satu komponen pada sistem yang dipasangkan menjadi satu dengan master silinder dan setelah pedal rem, yang berfungsi untuk mengurangi tenaga yang diperlukan pengemudi dalam pengereman.
- Booster rem yaitu karena adanya kevakuman dari intake manipol.
- Komponen – komponen boster rem :
- Piston;
- Diaphragm spring;
- Push rod;
- Diaphragm;
- Air cleaner element;
- Vacuum.
- Master Silinder mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolis. Master silinder terdiri dari resevoir tank yang beri minyak rem, demikian juga piston dan siliner yang membangkitkan tekanan hidrolis.
- Master silinder ada 2 type yaitu :
- Tipe Tunggal : Tipe plungger, Tipe konvensional dan tipe portles;
Tipe
Ganda : Tipe ganda konvensional dan tipe double konvensional
- Katup P (Propotioning Valve/Katup Pengimbang) berhubung rem depan membutuhkan tenaga pengereman yang lebih besar dari rem – rem belakang sehubungan dengan pemindahan berat kendaraan yang terjadi pada waktu melakukan pengereman yang kuat.
- Flexible hose/slang flesible menghubungkan pipa rem dan rem roda untuk mengimbangi gerakan suspensi.
- Pipa – pipa rem berfungsi untuk menyalurkan minyak rem dari master silinder ke ke rem.
6.Tuas rem parkir/rem tangan dan kable rem tangan berfungsi untuk mengerem roda – roda
belakang secara mekanis melalui batang penghubung dan kabel – kabel. Juga untuk
parkir kendaraan pada jalan turun / mendaki.
- Rem Cakram/Rem Piringan untuk memberi gaya pengereman kepada roda – roda depan.
- Rem piringan walaupun banyak jenis rem piringan prinsip kerjanya adalah bahwa sepasang pad yang tidak berputar menjepit rotor piringan yang berputar menggunakan tekanan hidrolis, menyebabkan terjadinya gesekan yang dapat memperlambat atau menghentikan kendaraan.
- Rem piringan efektif karena rotor piringannya terbuka terhadap aliran udara yang dingin dan karena rotor piringan tersebut dapat membuang air dengan segera. Karena itulah gaya pengereman yang baik dapat terjamin walau pada kecepatan tinggi. Sebaliknya berhubung tidak adanya self servo effect, maka dibutuhkan gaya pedal yang lebih besar dibandingkan dengan rem tromol. Karena alasan inilah booster rem biasanya digunakan untuk membantu gaya pedal.
- Bagian – bagian rem piringan :
- Pen Utama dipasang pada plat penahan memberi tempat bagi kaliper dan memungkinkan silinder bergerak mundur maju di dalam bushing. Pen diberi perapat untuk mencegah masuknya debu dan air;
- Pad Rem Piringan menjepit rotor piringan dengan menggunakan piston pada silinder guna menciptakan gesekan yang menyebabkan terjadinya pengereman;
- Rotor Piringan dipasang pada hub as, berputar bersama roda;
- Lobang Pembuang untuk membuang udara yang masuk kedalam kedalam saluran udara;
- Kaliper Rem Piringan melindungi piston dalam silinder dan menekan pad terhadap rotor piringan tatkala piston terdorong oleh tekanan hidrolis;
- Sub Pen yang terpasang pada plat torgue, bersama – sama denga pen utama, memberi tempat kepada silinder dan memungkinkan silinder bergerak mundur maju melalui bushing;
- Plat Penahan terpasang pada bagian dari as, menunjang gerakan silinder yang terjadi pada saat pad menjepit rotor piringan.
- Rem Tromol memberikan tenaga pada roda – roda belakang baik secara hidrolis maupun mekanis.
- Fungsi Rem Tromol menggunakan sepasang sepatu yang menahan bagian dalam dari tromol yang berputar bersama – sama dengan roda, untuk menghentikan kendaraan. Walaupun terdapat berbagai cara pengaturan sepatu rem, jenis leading dan trailing yang paling banyak dipakai pada kendaraan penumpang dan kendaraan komersial.
- Rem Tromoltahan lama karena adanya tempat gesekan yang lebar diantara sepatu dan tromol, tetapi penyebaran panas agak lebih sulit dibanding dengan rem piringan karena mekanismenya yang agak tertutup. Karena itu rem tromol hanya dipakai pada roda – roda belakang yang tidak begitu banyak memerlukan tenaga pengereman.
- Bagian – bagian rem tromol :
- Plat penahan dipasang pada rumah as belakang bertugas menahan silinder roda dan sepatu rem bagian yang tidak berputar;
- Silinder roda menekan sepatu rem pada tromol dengan tekanan hidrolis master silinder;
- Pegas pembalik sepatu menarik sepatu rem ke posisi semula untuk membebaskannya dari tromol sesaat injakan pedal dilepaskan;
- Sepatu rem ditekan terhadap bagian dalam tromol;
- Pen pegas penahan sepatu;
- Tromol rem yang dipasang pada poros as, berputar bersama – sama roda;
- Tuas sepatu rem tangan menekan sepatu pada tromol;
- Tuas penyetel.
Merawat Perangkat Rem Mobil
SEBAGAI ujung tombak sistem pengendalian kendaraan, sudah selayaknya perangkat rem mendapat perhatian lebih dari pengemudi. Walau bagian ini jarang mendapat masalah, perawatan rutin harus tetap dijalankan untuk memaksimalkan kerjanya.
Idelanya perangkat rem perlu dicek setiap kendaraan menempuh jarak
10.000 km. Ini untuk memastikan apakah komponen-komponennya masih dalam kondisi
sempurna. Selain itu, pembongkaran juga perlu untuk membersihkan dari
penumpukan debu di bagian kanvas, teromol, dan cakram. Debu berpotensi
menyebabkan goresan pada piringan atau teromol tergores.
Sistem hidrolik rem pun secara rutin perlu dibersihkan dan dilakukan
penggantian. Ini perlu dilakukan, setidaknya setelah kendaraan menempuh jarak
40.000 km atau kira-kira 2 tahun. Penyebabnya adalah sifat higroskopis cairan
rem yang membuatnya bisa bereaksi dengan udara. Bila tidak cairan akan
mengandung uap air.
Selain menimbulkan gelembung yang bisa menimbulkan korosi pada komponen
rem, juga membuat kerja rem tidak pakem. Bisa juga rem tiba-tiba macet saat
dipakai berulang-ulang karena tekanan udara di dalam minyak rem akan naik.
Penggantian cairan secara teratur juga akan memperpanjang umur seal karet dalam
sistem rem.
Budaya mengerem mendadak harus dihilangkan kecuali dalam kondisi
darurat. Penngereman mendadak menyebabkan beban kerja rem semakin berat.
Lakukan pengereman secara bertahap, dibarengi perpindahan persnelling ke posisi
lebih rendah untuk memperpanjang usia kanvas rem.
Selain itu, hindari juga menginjak pedal saat mobil berhenti di
perempatan. Karena saat itu piringan atau teromol dalam kondisi panas, jika
pedal terus diinjak, panas yang tersisa bisa merusak kanvas yang menempel.
Akibat lain proses pendinginan piringan atau teromol pun jadi terhambat.
Perangkat rem tidak perlu diganti bila tidak mengalami kerusakan. Namun
harus sering dibersihkan agar debu kanvas atau tromol tidak mengganggu bagian
lain. Yang harus kita perhatikan adalah, bila tiba-tiba rangkaian rem mengalami
keanehan.
Keanehan kerja perangkat rem, dapat dipantau dengan sederhana, seperti
merasakan kerasnya injakan pedal rem dan memantau isi tandon minyak rem.
Penggantian komponen, mulai master, kanvas maupun break pad, hanya
perlu dilakukan bila bagian ini menunjukan kerusakan. Kerusakan biasanya
diawali dengan munculnya getaran berlebih saat melakukan pengereman atau terasa
lebih dalam katika Anda menginjak pedal rem. Kadang muncul pula suara aneh yang
menunjukan kerusakan saat rem diaktifkan.
Perlu diperhatikan, saat hendak melakukan penggantian komponen, cukup
pada bagian yang mengalami kerusakan. Jangan sekali-kali mencoba membongkar
komponen lain bila tidak untuk kepentingan penggantian. Biasanya konsumen
meminta bagian lain diservis saat mengganti salah satu komponen. Kegiatan ini
justru bisa merugikan.
Tidak ada teori pasti yang menyatakan seberapa jauh pemakaian komponen
rem hingga harus melakukan penggantian. Beberapa pabrikan menyatakan komponen
rem, khususnya kanvas dan break pad, harus mengalami penggantian pada 70.000 km
pamakaian. Sebagian lain mengatakan 30.000 atau 40.000 km.
Cara mengemudi, menggunakan rem, kondisi jalan, dan karakter kepadatan
lalu lintas, turut mempengaruhi usia pakai perangkat rem. Keawetan komponen rem
amat bergantung dengan cara pengemudi memperlakukan rem. (diolah dari berbagai
sumber
yuk saling berbagi seputar dunia otomotif di tommyhidayat38.blogspot.com
terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar