1. Sejarah Sepeda Motor Pertama di Indonesia
Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller
di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun
1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesa. Dan hal
tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang
menggunakan kendaraan bermotor.
Probolinggo,
sebuah kota pesisir di Jawa Timur, ternyata merupakan tempat hadirnya
sepeda motor pertama di Indonesia. Sepeda motor telah hadir di Indonesia
sejak tahun 1893 atau 117 tahun yang lalu. Uniknya, walaupun pada saat
itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang
memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan
orang Inggris. Adalah John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai
masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur-lah yang
memiliki sepeda motor pertama itu.
2. Sejarah Mobil Pertama di Indonesia
Orang
Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Pakubuwono
ke X (PB X) dari Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz tetapi di dapurpacu.com disebut sebagai Benz Phaeton, beroda empat. Ternyata waktu itupun untuk memiliki sebuah mobil harus indent,
karena diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya. Tipe mobil
yang dipesan ini memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan
pesanan PB X. Adalah John.C.Potter seorang penjual mobil alias sales
pertama di Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya
dari Eropa.
Mobil
Benz phaeton milik PB X terakhir terlihat di muka umum pada 1924,
sewaktu mobil itu akan dikapalkan ke Belanda melalui pelabuhan Semarang
untuk diikutsertakan dalam pameran mobil RAI. Tidak diketahui di mana
keberadaan mobil tersebut sekarang, tapi mobil serupa bisa ditemukan di
Museum Mobil Leidschendam, Belanda bagian selatan
Hebatnya,
kehadiran ini berarti hanya berselang delapan tahun setelah Karl Benz
membuat mobilnya yang pertama, yang diakui sebagai mobil pertama di
dunia. Mobil Benz Phaeton yang dipesan dari Eropa seharga 10.000 gulden
itu menyandang mesin 1-silinder, 2,0 liter, bertenaga 5 hp, menggunakan
roda kayu dan ban mati (ban tanpa udara), serta dapat memuat delapan
orang. Masuknya mobil pertama ke Surakarta pada 1894, membuat Indonesia
berada dua tahun di depan sang penjajah Belanda, yang baru menerima
mobil pertamanya di Den Haag pada 1896. Indonesia memiliki mobil juga
jauh lebih awal dari Thailand yang menerima mobil dengan merk Benz yang
pertama, pada tanggal 19 Desember 1904, mobil Benz bagi Raja Thailand
Chulalongkorn (Rama V). Mobil itu dipesan Duta Besar Thailand untuk
Prancis dari Automobile-Union Paris milik Emil Jellinek yang terletak di
39 Avenue des Champs Elysees, Paris.
Anda baru saja membaca Sejarah Otomotif Kendaraan Pertama di Indonesia.
Yah
sekiranya hanya itu saja yang bisa Saya berikan pada pertemuan kita ini
yang membahas Dunia Otomotif, semoga adengan artikel ini bisa menambah
wawasan Anda semua... Saya ucapkan banyak terima kasih kepada sobat yang
sudah berkunjung sekaligus bersilaturahmi di Blog yang masih
acak-acakan ini.. Jika berkenan yuk saling nge-like FansPage sob di tommyhidayat38.blogspot.com
Salam SMK Bisa..!!!
Salam SMK Bisa..!!!
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar